.

SMART (SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RENGEL TUBAN)

Jumat, 20 Januari 2012

LATAR BELAKANG




                                                      


Setiap sekolah pasti memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing, dengan adanya progam dari Sampoerna Foundation dengan mengadakan kegiatan BPL ( Project Base Learning ) untuk seluruh sekolah menengah atas se-kabupaten Tuban, masing-masing sekolah pasti akan membuat project  yang memiliki karakteristik sekolahnya masing-masing. Hal ini juga dilakukan oleh SMA Negeri 1 Rengel dengan membuat project yang berupa publikasi internet dengan bentuk blog yang menerangkan tentang pembuatan batik di SMA Negeri 1 Rengel yang merupakan salah satu pelajaran kesukaan siswa.

            Project ini juga kami buat untuk mempertahankan kebudayaan bangsa serta untuk menarik minat bagi pemuda-pemuda Indonesia jangan sampai kebudayaan bangsa kita yang tercinta ini hilang, tetapi haruslah muncul kreasi-kreasi baru yang sejalan dengan perkembangan zaman. SMA Negeri 1Rengel sudah melakukan satu langkah lebih maju untuk mempertahankan kebudayaan bangsa kita ini dengan diajarkannya keterampilan membatik di sekolah menengah atas ini. Adanya ketrampilan membatik ini membuat siswa-siswi semakin mencintai kebudayaan bangsa yaitu batik. Sembari didukung dengan adanya project ini.

            Internet merupakan makanan sehari-hari setiap orang di dunia ini, baik untuk facebook, chating atau browsing, nahh... hal tersebutlah yang membuat kami  menggunakan publikasi internet sebagai hasil project kami. Dari pulikasi tersebut kami mampu mengkolaborasikan antara yang lama (batik) dengan yang baru (iptek), sehingga project ini adalah salah satu project yang dapat mengikuti perkembangan zaman.

Untuk membentuk kolaborasi yang lama (batik) dan yang baru (iptek) ini harus didukung oleh beberapa mapel terkait. Mapel tersebut adalah sebagai berikut :

1.     Bahasa inggris dibimbing oleh ibu Nayyarotin S. Pd. Sebagai Guru mapel bhs. Inggris kelas XI

2.     Bahasa indonesia dibimbing oleh ibu Yosephine Rini sebagai guru mapel bhs. Indonesia kelas XI

3.     TIK dibimbing oleh bapak Miftakhul Huda S.Pd sebagai guru mapel bhs. TIK kelas XI dan XII

4.     Seni Budaya dibimbing oleh ibu Puty Ukia Aqsari sebagai guru mapel Seni Budaya kelas X,XI dan XII

5.     Ketrampilan Membatik dibimbing oleh bapak Imam Subandono sebagain guru mapel Ketrampilan Membatik kelas X,XI dan XII

berkat kerja keras dan semangat yang membara,kami berhasil menerapkan setiap point dari masing-masing mapel hingga project ini berhasil kami buat.
Itu tadi beberapa penjelasan dan hal yang melatar belakangi project kami kali ini. Saran dan kritik yang membangun sangat kami perlukan agar pada project-project berikutnya kami lebih baik lagi. Sekian terimakasih.